Sejarah Perpusatakaan

Eksistensi Perpustakaan STP Trisakti  telah dirintis sejak tahun 1969 guna mendukung kegiatan Tri Darma Perguruan Tinggi, yaitu pengajaran, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat. Perpustakaan telah mengalami beberapa kali pergantian nama seiring dengan pergantian nama perguruan tinggi itu sendiri. Nama pertama yang dipakai adalah Perpustakaan Akademi Perhotelan dan Kepariwisataan Trisakti dan menjadi Perpustakaan Sekolah Tinggi Pariwisata Trisakti pada tahun 1999. Nama yang hingga kini masih melekat sejak tahun 1999 adalah Perpustakaan STP Trisakti.

Pahun 1987, Perpustakaan Akademi Pariwisata Trisakti Dari Kampus A Kyai Tapa Grogol kemudian Pindah menempati kampus barunya di jalan IKPN, Tanah Kusir, Bintaro. Gedung A kampus baru Akademi Pariwisata Trisakti memperoleh Kehormatan diresmikan pembukaannya Oleh Menteri Pariwisata, Pos dan Telekomunikasi  pada saat itu, Bapak Soesilo Soedarman pada 3 Desember 1988. Tanggal 21 Juni 1989, Akademi Pariwisata Trisakti memperoleh Status "Disamakan" berdasarkan SK Mendikbud No: 383 / O / 1989, sedangkan Gedung B kampus Akademi Pariwisata Trisakti selesai di Bangun dan diresmikan pembukaannya Oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Prof. Dr. Ing. Wardiman Djojonegoro pada 10 April 1997. Gedung Perpustakan STP Trisakti terletak  di lantai II Gedung B di jalan IKPN, Tanah Kusir, Bintaro. Luas Gedung perpustakaan 230 m2.

Visi dan Misi Perpustakaan STP Trisakti

Visi Perpustakaan STP Trisakti

Menjadi perpustakaan berpelayanan prima (service excellent) dalam memenuhi kebutuhan informasi dan pengetahuan  sivitas akademika yang berbasis  ICT dan mengembangkan Ilmu Pariwisata dan Hospitaliti.

Misi Perpustakaan STP Trisakti

 Untuk menyediakan layanan yang akan mendukung proses pembelajaran dan penelitian dalam program pengembangan bidang ilmu.

  Menjalin  dan  mengembangkan  hubungan  kerjasama  dengan  berbagai  lembaga  dan  pusat

informasi.

Tujuan Perpustakaan

1.   Menunjang  proses  belajar  mengajar  mengajar  sehingga  menghasilkan  lulusan yang berkualitas, kompeten dan profesional dalam bidang pariwisata.

2.  Menyelenggarakan layanan prima sehingga sistem pembelajaran menjadi lebih efisien.

3. Meningkatkan ketersediaan koleksi   dan   aksesibilitas   publikasi   untuk peningkatan kualitas penelitian dan pengabdian kepada masyarakat.

4. Mengembangkan sistem informasi perpustakaan sehingga tercipta layanan prima berbasis TI bagi civitas akademika.

5.   Meningkatkan  jejaring dengan  berbagai  pihak  guna  meningkatkan  pelayanan prima berbasis TI.

Fasilitas

  1. Koleksi buku, majalah, jurnal, koran, KTA, Proyek Akhir, Skripsi, Tesis.
  2. OPAC (Online Public Access Catalogue) yaitu sarana untuk melakukan penelusuran koleksi perpustakaan, berjumlah 4 buah komputer.
  3. Ruang Baca Perpustakaan (tersedia 7 meja untuk membaca, disertai masing-masing 6 kursi tiap mejanya)
  4. Ruang Diskusi (tersedia 2 ruang diskusi) yang dapat digunakan untuk berdiskusi dan sharing informasi
  5. Komputer yang digunakan untuk browsing (tersedia 6 buah komputer)
  6. Loker yang digunakan untuk menitipkan tas/barang bawaan lainnya
  7. Bebas akses internet bagi anggota perpustakaan

Sistem Pelayanan

Perpustakaan STP Trisakti sistem layanan tertutup, yakni pengguna tidak dapat langsung mengambil sendiri bahan perpustakaan dari ruang koleksi, akan tetapi akan dibantu oleh pustakawan bagian sirkulasi. Sistem ini berlaku untuk semua koleksi baik yang tercetak seperti koleksi buku, koleksi khusus, koleksi referensi dan koleksi karya tulis akhir/proyek akhir/laporan/tesis. Untuk sistem penyimpanan koleksi bahan perpustakaan seperti koleksi buku yang meliputi koleksi referensi, koleksi khusus, disusun berdasarkan DDC (Dewey Decimal Classification), sedangkan untuk karya tulis akhir, proyek akhir, laporan, jurnal, tesis, disertasi dan audio visual disusun berdasarkan nomor urut. Adapun koleksi E-journal atau e-book berupa Emerald Insigh dan Taylor Francis.  Sedangkan sistem layanan terbuka terdiri dari surat kabar dan majalah.

 

Alamat Lengkap:

Kampus Sekolah Tinggi Pariwisata Trisakti

URL: https://library.stptrisakti.ac.id/ 

Email: perpustakaan@stptrisakti.ac.id

Telephone: (021) 7377738-41


Faks: (021) 73887763

 

Jam Pelayanan

Senin - Jumat :
Buka : 08.00 WIB
Istirahat : 12.00 - 13.00 WIB
Tutup : 16.30 WIB